Kamis, 13 Januari 2011

Misteri Piramida Giza


Selama 4000 Tahun, orang-orang mempertanyakan "Untuk Apa Piramida Dibangun?". Semua orang tau, bahwa Piramida Giza adalah makam dari Raja Khufu atau Firaun. Namun, mengapa makam Raja Mesir tersebut dibangun sedemikian rupa? Makam 1 orang saja terletak didalam sekumpulan batu berbentuk Limas segi empat raksasa yang tentu sulit sekali dibangun dalam masa prasejarah tersebut.
Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 . Piramida ini terkadang disebut sebagai Piramida Khufu
Piramida dibangun berdasarkan pengamatan astronomis. Orang-orang Mesir Kuno adalah ahli-ahli astronomi. Mereka sangat pandai membaca pergerakan bintang di langit. Langit di atas gurun pasir yang luas tak bertepi menjadi pusat orientasi hidup mereka. Dari posisi dan pergerakan bintang-bintang mereka meramalkan musim, menghitung waktu terbaik untuk mulai menanam gandum, meramalkan datangnya banjir dan badai. Dari pengamatan langit, mereka menemukan adanya sebuah titik hitam yang dikelilingi beberapa bintang. Bintang-bintang itu selalu berubah posisi, tetapi titik hitam itu tidak pernah berubah. Orang Mesir kemudian menganggap titik hitam itu adalah surga. Suatu tempat yang abadi. Tak pernah berubah.
Raja Khufu ingin memperoleh keabadian di surga setelah ia meninggal dunia. Maka dari itu, ia memerintahkan arsitek dan penasehat kerajaan untuk membangun sebuah bangunan yang dapat mengantarkannya ke surga. Akhirnya, para arsitek membangun sebuah bangunan berbentuk Limas Segi empat yang dipercaya adalah simbol kehidupan. Piramida dibangun dengan tenaga kerja rakyat mesir kuno.
Tinggi Piramida Giza semula 146 meter namun karena erosi selama ribuan tahun, kini tingginya tinggal 136 meter. Hingga tahun 1889 ketika Menara Eiffel (324 meter) dibangun di Paris, Piramida adalah bangunan tertinggi di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

You might also like:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...